Selasa, 15 Maret 2011

Proposal Penelitian Tindakan Kelas

Keberhasilan mengajar seorang guru dapat kita lihat dari hasil belajar yang diraih oleh siswanya. Namun bukan brarti jika hasil belajar siswa rendah semata2 kesalahan dari tenaga pendidiknya. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya :
  1.  Peranan Pihak Keluarga siswa
  2.  Peranan Pihak Sekolah disini yang dinali adalah tenaga pendidiknya
  3.  Peranan Lingkungan tempat tinggal siswa
Ketiga faktor tersebut sangat penting ibaratkan "Tiga Tungku Sajarang", dimana jika salah satu faktor tersebut tidak mendukung maka akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa disekolah!

Disini saya menyarankan agar pihak kedua/tenaga pendidik lebih mengintensifkan komunikasi dengan pihak pertama dan ketiga. Jika ketiga faktor tersebut sudah berjalan komunikasi dengan baik, maka akan berpengaruh baik pula terhadap hasil siswa/anak didik sendiri.
Namun tenaga pendidik terkadang lupa dengan tugas dan kewajibannya sebagai seorang guru.
Kita sebagai seorang pendidik hanya sering menilai dan mengintropeksi siswa seolah2 kita sudah melakukan hal yang benar. Dibalik itu siswa terkadang juga merasa kesulitan tentang suatu materi yang kita anggap mudah buat kita, karna jalan pikiran siswa tidaklah sama dengan jalan pikiran guru.
Maka dari itu saya menyarankan kepada seluruh guru/tenaga pendidik agar bisa melakukan intropeksi pada diri dan kelas tempat belajar dengan cara melaksanakan "PENELITIAN TINDAKAN KELAS"!!
Bagi teman2 yang belum pernah melakukan penelitian tindakan kelas dapat melihat contohnya dibawah ini dalam membantu teman2 melakukannya.
Juga melayani pembuatan PTK untuk tugas pribadi, silahkan konfirmasi di rsa_cerdas84@yahoo.com!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar